Legenda Kerajaan Jambu Karang Di Purbalingga

23
974
Purbalingga atau Kota Perwira,banyak sekali mempunyai kisah atau beberapa legenda,salah satu ledenda ini tentang Legenda Kerajaan Jambu Karang.
Legenda tentang Jambu karang alias Prabu Lingga Karang, alias haji Purwa, mengakar dalam ranah pikiran warga Purbalingga terutama bagian utara timur laut. 
Beberapa manuskrip lama ternyata bisa sebagai bukti bahwa nama ini tak sekedar mitos kosong, melainkan tokoh sejarah yang tampaknya seiring jaman kian hilang dari ingatan dan wacana.
Teks “Tedhakan Serat Soedjarah Djoedanagaran” koleksi Museum Sana Budaya; teks “Sadjarah Padjadjaran Baboning Tjarios saking adipati Wiradhentaha Boepati Priangan”; “Babad Banyumas” ;”Ceritera Dipati Ukur Versi Bandung”;dan “Sudjarahipun Pangeran Djamboe Karang saking Pedjadjaran miwiti saking Sijung Wanara dumugi Pangeran makhdum Tjahjana” adalah beberapa contoh manuskrip dari luar Purbalingga yang menyinggung tokoh sejarah ini.
Dari dalam Purbalingga sendiri tersebut beberapa teks baik lama maupun kontemporer misalnya “Cariyosipun Redi Munggul”; “Babad dan Sejarah Purbalingga” dan sebagainya.
Salah satu saksi sejarah yang masih bisa kita jumpai adalah makam Pangeran Jambukarang sendiri yakni berada di situs Ardi Lawet, kecamatan Rembang Purbalingga.
Keterbatasan info dan bukti sejarah mendorong kami untuk membuat grup ini sebagai wahana berdiskusi bagi para pecinta Pangeran Syekh Jambukarang, berikut keturunannya seperti Panembahan Wali Perkasa yang tersebut dalam Piagam Kerajaan Demak Bintoro seperti tertulis dalam “De Perdikan Dessa’s in het District Tjahijana ( Afdeeling Poerbolinggo, Residentie Banjumas)” oleh C.J.Hasselman, terbitan 1887.
Setelah prolog ini, diharapkan terbit topik-topik segar seperti Sejarah Purbalingga; Banyumas ;Legenda Kamandaka-Lutung Kasarung-Sejarah Goa Jatijajar; Legenda Siyung Wanara; Para Raja Pajajaran; Aneka toponim atau arti nama sebuah daerah; Jejak Keturunan Jambukarang di daerah lain seperti Ragasela Pekalongan, Tegal, Brebes, banjarnegara; dan seterusnya yang semuanya masih berkait dengan diskusi ini….

 
Semoga info Legenda  ini bisa menambah pengetahuan,dan sekiranya ada yang mengetahui lebih lengkap tentang legenda ini bisa membagikan ceritanya Di Sini!

Sumber dari grup “Kerajaan Jambu Karang” Di Facebook