Papeling Bangga Purbalingga

2
97
BANGGA PURBALINGGA
Jakarta, Paguyuban Perantau Purbalingga ( Papeling) yang sebentar lagi akan berumur 6 tahun. Umur yang boleh di katakan sudah tidak di bawah lima tahun lagi. Tentunya sudah banyak pelajaran dan pengalaman yang di raih. Papeling yang mengedepankan rasa kekeluargaan tidak membedakan strata sosial antara yang muda sampai yang usia lanjut. Yang sudah berhasil dan yang belum berhasil atau belum sukses. Ada karyawan swasta maupun negri ,pekerja kasar sampai para pejabat yang menduduki tampuk pemerintahan di negri ini.
Saling bergandengan tangan mempererat tali silaturahmi , saling bahu membahu membantu sesama ,
Sesama warga yang berasal di besarkan dan atau ada hubungan dengan warga Purbalingga tentunya Bangga dengan Purbalinga.
Selama 6 tahun Yang lalu dari berjumlah 9 orang anggota dan sekarang berjumlah ribuan anggota mempunyai karakter dan watak berbeda beda , papeling tidak akan sebesar itu bila tidak di dasari rasa kekeluargaan dan cinta Purbalingga.
Memasuki Tahun ke 6 semangat warga Purbalingga di berbagi daerah meningkat tajam agar komunikasi bisa berjalan dan terkordinir di bentuklah korwil baru meliputi Korwil KAPUR ( Karawang Purwakarta) Korwil Bogor Barat/ Bogor Kota dan Korwil Bandung Dan sampai saat ini berjumlah 12 Korwil meliputi Korwil Tangerang, Korwil Jakpus , Korwil Jakut, Korwil Jakbar, Korwil Jaksel, Korwil Jaktim , Korwil Bekasi Cikarang ( Becik)Korwil Depok,Korwil Bogor Barat, Korwil Bogor Timur ,Korwil Karawang Purwakarta dan Korwil Bandung
Sudah banyak kegiatan yang di kerjakan setiap tahun di adakan seperti PP-AY ( Papeling Peduli Anak Yatim) yang di laksanakan di Bulan Puasa untuk membantu anak yatim setiap kecamatan di Purbalingga , Bila ada bencana Pagana ( Papeling Tanggap Bencana) siap action dan turun kelapangan, SIP ( Shodaqoh Infaq Papeling) dengan Sip papeling meluncurkanya dengan Kantong SIP yang di bagikan ke seluruh anggota papeling agar di isi seberapapun dengan gerkan ” Limangatus Sporete” yang di kumpulkan setiap bulan acara korwil atau ada acara Akbar Papeling seperti milad papeling dan HBH papeling. Uang hasil yang di kumpulkan untuk membantu bagi saudara yang terkena Musibah dan bagi mereka yang menerima ada syarat dan ketentuan sesuai kesepakatan .
Bagi yang seneng kesenian Papeling ada Grup kentongan Tek tek atau yang di kenal dengan PANDAWA sudah melanglang buana mengisi di berbagai acara Tampil di telelivisi Swasta Nasional Kompas TV dan Indosiar dan di berbagai even lainya Selain Pandawa Papeling ada Grup Tek tek Kentongan Pringgondani yang di kelola oleh tim kreatif dari korwil Tangerang yang sering tampil bersama dan ber kolaborasi .
Baru baru ini di luncurkan Bumbung laras adalah musik tradisional Calung mbanyumasan, Dan bagi yang seneng Gamelan Papeling ada Sekar Panji Papeling,,
Papeling yang senantiasa mengangkat Budaya asli Daerah dengan Bahasa dialek Banyumasan yang di kenal dengan NGapaknya , Agar tata bahasa Banyumasn tidak ilang Papeling hadir dengan Guyonan Purbalingga Asli Ngapak ( G’Plak) yang di siarkan secara langsung melalui Frekfensi 92,8 FM Pro4 setiap minggu malam Jam 22-24 WIB Guyonan guyonan segar khas Purbalingga (ora ngapak ora enak serr).
Itulah seklumit tentang Papeling ..
semua itu untuk Purbalingga tercinta karna #PapelingBanggaPurbalingga
#papelingNggilani
#papelingsporete
PapelingJakbar JB024

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here