FOTO GOA LANGGAR DI GOA LAWA YANG MENGGEMPARKAN

0
43
goa lawa purbalingga

Terlepas dari cerita legenda yang beredar di media sosial mengenai goa lawa merupakan kerajaan lawa (kelelewar) atau legenda dua putri cantik yang bertapa di lorong gua ratu ayu (masih dalam rangkaian pada lorong goa lawa), kegiatan uji coba mewarnai dinding dan langit-langit goa oleh sejumlah anggauta ILUSARi (ikatan Alumni SMAN Bobotsari) telah memberikan gambaran yang berbeda dan menjadikan goa lawa tampak lebih sumringah.

Goa kebanggan masyarakat Purbalingga ini memiliki panjang yang mencengangkan. Track yang dibuka untuk umum Sekarang ini hanya sekitar 750Meter, tetapi sesungguhnya banyak lorong2 misteri yang belum sepenuhnya dibuka untuk umum. “Saya pernah mencoba masuk ke salah satu lorong goa didalam goa lawa yaitu lorong goa ratu ayu pada jam 7 pagi, saya berjalan spt nya sdh berkilo2 meter dan kluar goa jam 3 pagi, saya sempat bertemu 2 sungai yang berbeda, 1 sungai terakhir sdh berbau belerang, saya memutuskan kembali padahal track perjalanan lorong goa masih panjang “ demikian penuturan bpk Karsum seorang juru kunci sekaligus kepala keamanan goa lawa.


Misi uji coba mewarnai goa dengan warna warni lampu menghasilkan gambaran relief-relief goa yang menakjubkan. Dari sekian rentetan foto goa, “saya sangat terkejut saat hasil pemotretan goa langgar, tampak relief dinding menyerupai kubah masjid, padahal goa langgar selama ini terlihat biasa tetapi kami benar2 tertegun dengan fakta yang tersembunyi” tutur Noto susanto fotografer professional lulusan kampus fotografer di Jakarta. Konon goa ini dahulu kala sering dipakai untuk tempat sholat oleh para wali penyebar agama islam di wilayah jawa. Konon mereka sering melakukan pertemuan di dalam goa lawa ini. 


“kami cukup puas dangan hasil kali ini, semoga mampu menjadi tambahan ide bagi pemerintah Purbalingga” kata Nano Rukhano ketua tim ekspedisi yang merupakan seorang kontraktor desain interior yang cukup aktif di perkumpulan perantau Purbalingga (Papeling) wilayah Bekasi Cikarang.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here