Kiprah PAPELING di Ambalwarso Seruling Mas

1
34
ambalwarso serulingmas

Sejarah Seruling Mas. Berawal dari rasa cinta pada Banyumas sebagai tanah kelahiran,
beberapa tokoh dari seantero wilayah eks-Karesidenan Banyumas yang duduk di kursi, pemerintahan dan sukses di Jakarta berkumpul dan membentuk komunitas klangenan.

Sebut saja Soesilo Soedarman, Purwoto Ganda Subrata, Sony Harsono, Sugito,
Slamet Supriadi, Fuad Bawazier, Toni Hartono, Yasir Hadibroto, Pujiono Pranoto,
Dading Kalbuadi, Tanto Kuswanto, Kuntoro Mangkusubroto dan Yuwono Kolopaking.
Lalu mereka pun membentuk sebuah komunitas bernama Kerukunan Keluarga
Banyumas (KKB).

Namun pada 17 April 1992, mereka mengganti nama menjadi Yayasan Seruan Eling Banyumas yang disingkat Seruling Mas dan diresmikan di Pendapa si Panji Banyumas.Dan pada tanggal 17 April 2012 Serulingmas Milad yang ke – 20 tahun dan di
rayakan pada tanggal 22 April 2012 di Gedung Halim Persada.

Acara tersebut di hadiri oleh beberapa perwakilan serulingmas yang ada di beberapa daerah, seperti Jogjakarta, Kediri, Bandung, Medan dan beberapa kota lainnya. Dan tidak ketinggalan Bupati Banyumas juga turut hadir di acara Milad Serulingmas yang ke–20.

Hadir juga tamu undangan dari paguyuban-paguyuban Eks. Karsidenan Banyumas di Jakarta, seperti Papeling (Paguyuban Perantau Purbalingga), KKB (Kerukunan Keluarga Banyumasan), Cluban dan lainnya. Kepanitian dalam acara tersebut didominasi oleh orang-orang dari PAPELING. Pak Ali Safrudin sebagai wakil Sie Acara memberdayakan PAPELING supaya bisa tampil dan exis di Seruling Mas. “Gagrag Papeling” yang belum genap berusia 1 tahun sudah mampu tampil menampilkan para penari dan penayagannya dengan sangat memukau perhatian pengunjung.

Beberapa tarian ditampilkan dalam acara tersebut bahkan beberapa diantaranya adalah tarian kreasi baru. Salah satu pembawa acara-nya “Mas Yono” yang juga merupakan punggawa Gagrag Papeling. Slide show kegiatan-kegiatan Seruling Mas, Slide Lagu Indonesia Raya dan Slide Panembromo juga merupakan kreasi Anggota PAPELING. Bahkan seksi perlengkapan, dekorasi juga merupakan hasil karya dari PAPELING.

“Kami juga ada rencana akan Re generasi
kepengurusan di serulingmas dengan generasi muda,dan di serulingmas akan
memberdayakan masyarakat dalam hal meningkatkan sektor pertanian di wilayah
banyumas dan  setiap tahun Kami juga
menggelar lomba mading antarsekolah.” imbuh Bapak Sumbono Selaku Ketua
pelaksana Milad Serulingmas ke-20 yang kebetulan juga berasal dari Purbalingga.
 
Diharapkan dengan makin banyaknya event yang diikuti oleh PAPELING akan lebih mengibarkan bendera PAPELING dan semakin dikenal tentunya dengan tidak mengesampingkan konsolidasi di dalam PAPELING itu sendiri.
 
– Teguh dan Wahyu –

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here