Parade Tari Nusantara Di Taman Mini Indonesia Indah

0
28
Para pegiat Papeling berfoto bersama Tim Tari dari Purbalingga
(TMII) kali ini Jawa Tengah Di Wakili Oleh Kabupaten Purbalingga.Dan Purbalingga Sendiri di wakili oleh sanggar tari “ Wisanggeni “ yang di pimpin oleh Bapak Wendo Dalam lomba ini di adakan di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta, Minggu 11 September 2011.berhasil meraih 10 Besar Penyaji Unggulan Terbaik. Dan Lomba “ Well Come Party “ Meraih Juara 2.
Dari wisanggeni tersebut menampilkan Tarian “ Lenggah Sor “ tarian tersebut menceritakn tentang Kita Semua Duduk Di bawah Memohon Kepada yang Kuasa.
KA Disbudparpora Purbalingga Bpk.Kuncoro mengatakan Mudah – mudahan di Tahun yang akan datang Team dari Wisanggeni bias meraih Juara Pertama.dan dari Papeling ( Paguyuban Perantau Purbalingga ) sangat mendukung sekali dengan kegiatan ini mudah – mudahan putra putri purbalingga bisa memberikan yang terbaik kedepannya.


Dalam Parade Tari Nusantara di Hadiri Oleh Beberapa juri, yakni Sulistyo Tirtokusuma (Direktur Seni Pertunjukan Kembudpar), Hermin Kusmayati (Rektor ISI Yogyakarta), Sri Hastanto (Guru Besar ISI Solo), Retno Maruti (Dosen IKJ), Ade F. Meyliala (Direktur Operasi TMII), dan Sri Minarni (Disbudpar Provinsi Sulawesi Tengah) yang menjadi penilai parade ini memberi penilaian tertinggi kepada kontingen NTT yang malam itu tampil diurutan 30 dari 31 peserta (provinsi) se Indonesia.
Tujuh kategori lomba yang di lombakan adalah Kategori Penata Tari Terbaik, Penampil Terbaik se Nusantara, Penata Musik Terbaik, Penata Kostum Terbaik, Penyaji Terbaik Wilayah Indonesia Timur, 13 Unggulan Terbaik Indonesia, serta Penghargaan Khusus dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI sebagai Penata Karya Terbaik Indonesia. Atas keberhasilan ini, NTT meraih Piala Tetap Menbudpar RI dan Piala Bergilir Ibu Tien Soeharto (Pemrakarsa TMII), serta uang pembinaan senilai Rp 10 juta.
Kegiatan ini sebagai salah satu program pelestarian, pengembangan serta mengenalkan potensi kebudayaan dan pariwisata seperti Aneka Kesenian Tradisional Khas, dan Potensi Pariwisata dan Investasi serta Produk Unggulan dari Berbagai Propinsi.
Direktur Operasi TMII, Ade F. Meyliala mengatakan, parade tari nusantara ini merupakan upaya melestarikan budaya Indonesia yang digalakkan TMII.
Menurut Ade, sebanyak 730 karya tari daerah dari 31 Provinsi di Indonesia ditampilkan dalam ajang tersebut. “Acara ini sudah rutin kami gelar dalam setiap tahunnya, di tahun 2011 ini adalah yang ke 29,” jelas salah satu juri ajang tersebut.

Teguh supriyanto
Humas Papeling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here