Home » » Legenda Kerajaan Jambu Karang Di Purbalingga

Legenda Kerajaan Jambu Karang Di Purbalingga

Written By Darmanto on 19/06/11 | 20.38

Purbalingga atau Kota Perwira,banyak sekali mempunyai kisah atau beberapa legenda,salah satu ledenda ini tentang Legenda Kerajaan Jambu Karang.
Legenda tentang Jambu karang alias Prabu Lingga Karang, alias haji Purwa, mengakar dalam ranah pikiran warga Purbalingga terutama bagian utara timur laut. 
Beberapa manuskrip lama ternyata bisa sebagai bukti bahwa nama ini tak sekedar mitos kosong, melainkan tokoh sejarah yang tampaknya seiring jaman kian hilang dari ingatan dan wacana.
Teks "Tedhakan Serat Soedjarah Djoedanagaran" koleksi Museum Sana Budaya; teks "Sadjarah Padjadjaran Baboning Tjarios saking adipati Wiradhentaha Boepati Priangan"; "Babad Banyumas" ;"Ceritera Dipati Ukur Versi Bandung";dan "Sudjarahipun Pangeran Djamboe Karang saking Pedjadjaran miwiti saking Sijung Wanara dumugi Pangeran makhdum Tjahjana" adalah beberapa contoh manuskrip dari luar Purbalingga yang menyinggung tokoh sejarah ini.
Dari dalam Purbalingga sendiri tersebut beberapa teks baik lama maupun kontemporer misalnya "Cariyosipun Redi Munggul"; "Babad dan Sejarah Purbalingga" dan sebagainya.
Salah satu saksi sejarah yang masih bisa kita jumpai adalah makam Pangeran Jambukarang sendiri yakni berada di situs Ardi Lawet, kecamatan Rembang Purbalingga.
Keterbatasan info dan bukti sejarah mendorong kami untuk membuat grup ini sebagai wahana berdiskusi bagi para pecinta Pangeran Syekh Jambukarang, berikut keturunannya seperti Panembahan Wali Perkasa yang tersebut dalam Piagam Kerajaan Demak Bintoro seperti tertulis dalam "De Perdikan Dessa's in het District Tjahijana ( Afdeeling Poerbolinggo, Residentie Banjumas)" oleh C.J.Hasselman, terbitan 1887.
Setelah prolog ini, diharapkan terbit topik-topik segar seperti Sejarah Purbalingga; Banyumas ;Legenda Kamandaka-Lutung Kasarung-Sejarah Goa Jatijajar; Legenda Siyung Wanara; Para Raja Pajajaran; Aneka toponim atau arti nama sebuah daerah; Jejak Keturunan Jambukarang di daerah lain seperti Ragasela Pekalongan, Tegal, Brebes, banjarnegara; dan seterusnya yang semuanya masih berkait dengan diskusi ini....

 
Semoga info Legenda  ini bisa menambah pengetahuan,dan sekiranya ada yang mengetahui lebih lengkap tentang legenda ini bisa membagikan ceritanya Di Sini!

Sumber dari grup "Kerajaan Jambu Karang" Di Facebook
Share this article :
Comments
21 Comments

+ komentar + 21 komentar

Anonim
29 Mei 2012 15.02

berkaitan dengan nama syeh Jambu Karang maka akan terkait pula dengan nama-nama desa ( dusun / grumbul) yang ada di wilayah Cahyana ( kec Rembang dan Karangmoncol). serta terkait pula dengan nama wilayah sepanjang perjalanan beliau dalam menccari sumber cahaya di Cahyana.

1 Juni 2012 11.46

maksih atas infonya @Anonim,ayo bila punya info mengenai kelanjutan legenda ini,silahkan kirimkan saja infonya dan nanti akan dipostingkan sebagai kelanjutan legenda ini,email bisa dikirimkan di: darmanto_20@yahoo.co.id
Salam paseduluran...

14 Agustus 2012 00.04

Sangat brmanfa't

15 Maret 2013 16.34

Ijin Copas ya Kang

15 Maret 2013 17.57

@Aditriyo,monggo kalau mau copas,asalkan mencantumkan juga link ini ya....

Anonim
26 Mei 2013 19.06

kalo masih garis keturunannya boleh gabung group juga? terimakasih

buddy
26 Mei 2013 19.16

saya punya silsilahnya dari seorang dosen yang masih keturunan syeh jambu karang, tapi ada beberapa yang disanggah oleh pak wira sebagai keturunan dari Kyai Wangsa Menggala II masih garis dari syeh jambu karang juga yang disampaikan langsung kepada saya...terimakasih

maaf kang admin...sya mau tau bgt ttg silsilah atau trah syekh jambu karang..dari syekh jambu karang sampai keturunan yang sekarang yang masih hidup...tolung di posting bisa kang?

5 Juni 2013 22.55

@Satria Bagas Nur Imantara,Maaf Kami belum tahu silsilah keturunannya,jadi Kami belum bisa posting.

4 Juli 2013 14.52

mudah mudahan posting untuk silsilah n keturunan syeh jambu karang segera tayang.saya sendiri juga kepengin tahu sedulur............
salam peseduluran.........

5 Juli 2013 16.26

@Aris Sira,ok akan kami cari dulu data silsilah keturunan syeh Jambu Karang,bila sudah ketemu,insyaAllah akan kami posting.Dan bila ada diantara para sedulur yang mempunyai data atau informasi bisa juga di kirimkan ke kontak kami.
Salam paseduluran...

6 Juli 2013 18.23

ceritanya sangat menarik,ditunggu kelanjutannya ya...

15 Juli 2013 15.57

ikut nyimak ceritanya ya...

M, Eko Wahyono
17 Juli 2013 23.15

Sebenarnya cukup banyak peninggalan beliau Syech Jambukarang di Purbalingga, Bro. Salah satunya adalah nama Karangjambu, yang kini menjadi sebuah nama kecamatan. Di situ ada situs makam, yang konon adalah makam beliau. uniknya makam yang dikeramatkan penduduk ini adalah dihuni ribuan kalong, yang pada hari-hari tertentu terbang mengelilingi desa Karangjambu.
dsb-dsb.

13 September 2013 23.10

wah legenda nya menarik sekali ya...

13 September 2013 23.12

menraik sekali...

13 September 2013 23.20

selamat malam paPELING,THanks info legendanya...

13 September 2013 23.22

ceritanya seru ya...

13 September 2013 23.23

sip deh legendany...

9 November 2013 18.51

mkasih infonya gan,,
sukses selalu ya,,

Indonesia dengan keragamannya memang melegenda. Artikel yang sangat bagus untuk menambah wawasan. Terimakasih

Poskan Komentar

Untuk menjalin silaturahmi,yuk tinggalkan jejak kunjungan Anda dengan memberikan komentar di artikel ini...
Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik Dan Beri komentar sebagai" --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish Form Komentar.
5.Mohon jangan meninggalkan komentar Spam
6.Komentar dengan disisipi iklan,link hidup atau spam akan dihapus

 
Design by: Darmanto.com - Copyright © 2011. Papeling
Template by Creating Website - Powered by Blogger